Senin, 25 April 2022

Demontrasi Kontekstual Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran -Agus Landip Nyuwito-

 

Generasi muda adalah harapan bangsa, di masa depan merekalah yang akan mengisi kegiatan ekonomi dan pembangunan negara. Karena itu generasi muda harus di siapkan dengan sangat baik agar mereka mampu mewujudkan negara yang adil dan sejahtera. Selain untuk mengisi pembangunan para generasi muda hendaknya juga disiagakan untuk menjadi calon-calon pemimpin yang handal. Pembangunan akan dapat berjalan dengan efektif jika kedepan negara memiliki pemimpin-pemimpin yang berkualitas.

Dalam tugasnya menyiapkan generasi muda, sekolah harus mampu menyediakan diri menjadi lingkungan yang siap membentuk siswa-siswinya menjadi generasi muda yang mampu mengisi pembangunan dan menjadi pemimpin yang baik. Selain sekolah, guru juga harus siap dijadikan teladan bagi siswanya agar mereka memiliki figur pemimpin yang baik. Bagaimana agar seorang guru mampu menjadi pemimpin yang baik, berikut adalah serangkaian rencana yang akan saya lakukan semoga bisa menambah wawasan bagi yang membacanya : 

  1. Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

    1. Saya akan mengajak beberapa teman saya untuk mendiskusikan hal-hal yang saya dapatkan dalam pelatihan program guru penggerak. Sebelumnya saya akan mengajak mereka terlibat memilih masalah yang tergolong dilema etika, kemudian mencari pemecahannya menggunakan prinsip-prinsip yang saya pelajari dalam modul Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran. 

  2. Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

    1. Saya akan mengajak beberapa teman saya mendiskusikan permasalahan-permasalahan di sekolah yang mengandung unsur dilema etika dan bisa dijadikan wahana dalam berlatih membuat keputusan. Sebelum melakukan diskusi tentunya saya akan sedikit memberikan pengetahuan sedikit tentang apa itu pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

    2. Setelah berkumpul kita akan memilih beberapa permasalahan sekolah yang tergolong ke dalam dilema etika. Dari masalah yang terkumpul kita akan membuat prioritas masalah mana yang akan kita pilih untuk dicarikan keputusan untuk dicari solusinya.

    3. Saya akan mengajak mereka untuk mendiskusikan langkah-langkah pengambilan keputusan dari permasalahan yang terpilih menggunakan prinsip :

      1. 4 Paradigma dilema etika.

      2. 3 prinsip pengambilan keputusan.

      3. 9 langkah pengambilan & pengujian keputusan.

  3. Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Saya akan mulai menjalankan rencana saya pada :

    1. Hari : Selasa, 26 April 2022 hingga kurang lebih satu minggu kedepan.

  4. Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

    1. Bapak Yoga : Guru Mapel Matematika

    2. Ibu Yesicha : Guru Mapel Bahasa Indonesia

    3. Ibu Diah : Guru Mapel IPS

    4. Bapak Aris : Guru Mapel IPA

    5. Ibu Mariana : Guru Bahasa Inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar