Sintesis berbagai materi
Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.
Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya adalah seseorang yang mampu menjadi pelopor dan pemrakarsa sebuah gerakan perubahan secara bersama dalam mengenal aset-aset dan memanfaatkannya untuk kemajuan serta tercapainya kesejahteraan anggota unit pembelajaran.
Bagaimana cara mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah :
Seluruh anggota harus memiliki kemampuan mengenal aset-aset penting yang dapat digunakan untuk kemajuan serta tercapainya kesejahteraan anggota unit pembelajaran.
Seluruh anggota harus memiliki kemampuan menghubungkan potensi aset-aset penting yang telah diidentifikasi, sehingga ditemukan aset mana saja yang sesuai untuk mencapai visi-misi atau tujuan unit pembelajaran.
Seluruh anggota harus memiliki kemampuan memanfaatkan potensi aset-aset penting yang telah diidentifikasi untuk mencapai visi-misi atau tujuan unit pembelajaran.
Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungannya pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas.
Dalam mencapai proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas sebaiknya dapat diwujudkan dengan memanfaatkan aset-aset yang telah dimiliki sekolah. Aset sekolah sebaiknya memiliki manfaat lain dibandingkan dengan pemanfaatan sebelumnya, sehingga layanan pembelajaran yang berkualitas tidak harus selalu identik dengan mengeluarkan biaya yang besar.
Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan materi lain yang Anda dapatkan sebelumnya selama mengikuti proses Pelatihan Guru Penggerak.
Materi 3.2. pemimpin dalam pengelolaan sumber daya berkaitan dengan materi 1.1. refleksi filosofi pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara, dimana di dalam materi 1.1. Disebutkan bahwa dasar Pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” lingkungan di mana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan “isi” dan “irama”. Artinya jika kita sebagai pemimpin dapat mengidentifikasi aset dan memanfaatkannya untuk kemajuan sekolah itu artinya kita dapat menjadi teladan anak dalam memanfaatkan potensi-potensi yang ada disekitar kita. Siswa akan belajar secara langsung kepada gurunya bagaimana kita dapat memaksimalkan apa yang ada di lingkungan untuk tujuan yang kita inginkan. Semakin pandai guru dalam mengelola aset maka ilmu yang diberikan kepada siswa pun akan semakin bermakna karena berangkat dari pengalaman pribadi guru sendiri.
Ceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti pelatihan terkait modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.
Sebelum pelatihan : saya belum mampu mengidentifikasi aset-aset yang dimiliki sekolah dengan baik.
Setelah pelatihan : saya dapat merinci dan mengidentifikasi aset-aset yang dimiliki sekolah dengan lengkap dan detail.
Dari hasil pelatihan ini saya juga berpikir bagaimana agar saya mampu mewujudkan sebuah pembelajaran yang lebih baik menggunakan aset-aset yang telah dimiliki sekolah saat ini.
Rancangan tindakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar