Selasa, 07 Juni 2022

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya - Agus Landip Nyuwito

 

  1. Sintesis berbagai materi

    1. Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran  dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.  

      1. Pemimpin Pembelajaran  dalam Pengelolaan Sumber Daya adalah seseorang yang mampu menjadi pelopor dan pemrakarsa sebuah gerakan perubahan secara bersama dalam mengenal aset-aset dan memanfaatkannya untuk kemajuan serta tercapainya kesejahteraan anggota unit pembelajaran.

      2. Bagaimana cara mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah :

      3. Seluruh anggota harus memiliki kemampuan mengenal aset-aset penting yang dapat digunakan untuk kemajuan serta tercapainya kesejahteraan anggota unit pembelajaran.

      4. Seluruh anggota harus memiliki kemampuan menghubungkan potensi aset-aset penting yang telah diidentifikasi, sehingga ditemukan aset mana saja yang sesuai untuk mencapai visi-misi atau tujuan unit pembelajaran.

      5. Seluruh anggota harus memiliki kemampuan memanfaatkan potensi aset-aset penting yang telah diidentifikasi untuk mencapai visi-misi atau tujuan unit pembelajaran.

    2. Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungannya pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas.

      1. Dalam mencapai proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas sebaiknya dapat diwujudkan dengan memanfaatkan aset-aset yang telah dimiliki sekolah. Aset sekolah sebaiknya memiliki manfaat lain dibandingkan dengan pemanfaatan sebelumnya, sehingga layanan pembelajaran yang berkualitas tidak harus selalu identik dengan mengeluarkan biaya yang besar. 

    3. Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan materi lain yang Anda dapatkan sebelumnya selama mengikuti proses Pelatihan Guru Penggerak.

      1. Materi 3.2. pemimpin dalam pengelolaan sumber daya berkaitan dengan materi 1.1. refleksi filosofi pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara, dimana di dalam materi 1.1. Disebutkan bahwa dasar Pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” lingkungan di mana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan “isi” dan “irama”. Artinya jika kita sebagai pemimpin dapat mengidentifikasi aset dan memanfaatkannya untuk kemajuan sekolah itu artinya kita dapat menjadi teladan anak dalam memanfaatkan potensi-potensi yang ada disekitar kita. Siswa akan belajar secara langsung kepada gurunya bagaimana kita dapat memaksimalkan apa yang ada di lingkungan untuk tujuan yang kita inginkan. Semakin pandai guru dalam mengelola aset maka ilmu yang diberikan kepada siswa pun akan semakin bermakna karena berangkat dari pengalaman pribadi guru sendiri.

    4. Ceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti pelatihan terkait modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.

      1. Sebelum pelatihan : saya belum mampu mengidentifikasi aset-aset yang dimiliki sekolah dengan baik.

      2. Setelah pelatihan : saya dapat merinci dan mengidentifikasi aset-aset yang dimiliki sekolah dengan lengkap dan detail.

      3. Dari hasil pelatihan ini saya juga berpikir bagaimana agar saya mampu mewujudkan sebuah pembelajaran yang lebih baik menggunakan aset-aset yang telah dimiliki sekolah saat ini.


  1. Rancangan tindakan


PRAKARSA PERUBAHAN 

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban

B-uat pertanyaan (Define)

  • Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

  • Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

  1. Hal penting apa yang akan saya lakukan untuk melakukan sebuah program demi mewujudkan perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas saya. ?

  2. Program apa yang dapat saya lakukan agar dapat mewujudkan  perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas saya. ?

  3. Program apa yang dapat saya lakukan agar dapat memanfaatkan aset yang dimiliki sekolah dengan efektif dan efisien ?

  4. Apa yang harus dilakukan agar kegiatan pembelajaran di kelas dapat berdampak kepada siswa ?

  5. Apa yang kurang dari kelas saya ?

  6. Apa yang menjadi sumber permasalahan dari kekurangan itu ?

  7. Hal apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut ?

  8. Bantuan apa yang Bapak perlukan untuk mengatasi kekurangan tersebut ?

  9. dampak seperti apa yang kamu inginkan terjadi di kelas setelah Pak Landip melakukan perubahan yang diinginkan

  1. Bertanya kepada teman-teman guru.

  2. Bertanya kepada siswa.

A-mbil pelajaran (Discover)

  • Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

  • Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

  1. Siapakah orang yang pernah berhasil mewujudkan  perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas  ?

  2. Bagaimana dia mengatur langkah-langkah penerapan program mewujudkan  perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas  ?

  3. Aktivitas apa saja yang dia lakukan untuk mewujudkan  perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas ?

  4. Situasi apa saja yang selama ini telah mendukung usaha mewujudkan  perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas  ?

  5. Keterampilan apa yang sudah saya kuasai untuk mendukung usaha mewujudkan perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas  ?

  1. Mencari profil orang atau tokoh terkenal yang sudah pernah berhasil.

  2.  Mencari tahu dan mencatat bagaimana dia mengatur kegiatan dalam program tersebut.

G-ali mimpi (Dream)

  • Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

  • Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).

  1. Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang saya bayangkan terjadi ketika program saya tercapai?

  2. Bagaimana perasaan saya ketika program saya tercapai ?

  3. Apa saja hal-hal baru yang bisa aku lakukan setelah program saya berhasil tercapai?

  4. Apa hal-hal/sumberdaya yang kita bayangkan akan tersedia untuk mempertahankan program saya terus berjalan ?

  1. Membuat gambaran/narasi diri saat mencapai tampilan presentasi siswa yang lebih baik (percaya diri, lantang, mampu menjelaskan konsep).

  2. Memajangnya di meja kerja dan mengingatnya selama saya melakukan usaha-usaha selanjutnya

J-abarkan rencana (Design)

  •  Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

  • Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

  1. Apa langkah paling sederhana/langkah pertama yang bisa dilakukan?

  2. Berapa lama target untuk mencapai keberhasilan program saya?

  3. Apa tindakan-tindakan yang bisa mendukung usaha mencapai keberhasilan program saya ?

  4. Bagaimana mengukur kemajuan dan melanjutkan langkah?

  5. Bagaimana cara untuk saling menyemangati usaha bersama mencapai keberhasilan program saya ?

  1. Membuat capaian yang realistis untuk setiap minggunya.

  2. Membuat catatan besar target yang akan dicapai per minggu dan memajangnya di kaca lemari.

  3. Memasang pengingat di gawai untuk jam olahraga dan untuk pengingat pola makan sehat.

  4. Meminta pasangan untuk mengingatkan pola makan dan olahraga

A-tur eksekusi (Deliver)

  • Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

  • Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

  1. Siapa yang bisa mengarahkan dan memantau program saya?

  2. Siapa saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? Berperan sebagai apa saja?

  3. Kapan program ini akan mulai dilakukan?

  4. Bagaimana pencatatan kemajuan untuk mencapai keberhasilan program ini?

  5. Siapa yang akan menampung curhatan tentang kesulitan-kesulitan melakukan usaha mencapai keberhasilan program ini ?

  1. Mengajak teman guru yang memiliki keinginan yang sama.

  2. Membuat foto/dokumentasi proses mencoba aksi.

  3. Menerapkan rencana program di kelas.

  4. Meminta saran/masukan dari siswa setelah pelaksanaan program di kelas.




Foto Aksi :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar