Selasa, 07 Juni 2022

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya - Agus Landip Nyuwito

 

  1. Sintesis berbagai materi

    1. Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran  dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.  

      1. Pemimpin Pembelajaran  dalam Pengelolaan Sumber Daya adalah seseorang yang mampu menjadi pelopor dan pemrakarsa sebuah gerakan perubahan secara bersama dalam mengenal aset-aset dan memanfaatkannya untuk kemajuan serta tercapainya kesejahteraan anggota unit pembelajaran.

      2. Bagaimana cara mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah :

      3. Seluruh anggota harus memiliki kemampuan mengenal aset-aset penting yang dapat digunakan untuk kemajuan serta tercapainya kesejahteraan anggota unit pembelajaran.

      4. Seluruh anggota harus memiliki kemampuan menghubungkan potensi aset-aset penting yang telah diidentifikasi, sehingga ditemukan aset mana saja yang sesuai untuk mencapai visi-misi atau tujuan unit pembelajaran.

      5. Seluruh anggota harus memiliki kemampuan memanfaatkan potensi aset-aset penting yang telah diidentifikasi untuk mencapai visi-misi atau tujuan unit pembelajaran.

    2. Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungannya pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas.

      1. Dalam mencapai proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas sebaiknya dapat diwujudkan dengan memanfaatkan aset-aset yang telah dimiliki sekolah. Aset sekolah sebaiknya memiliki manfaat lain dibandingkan dengan pemanfaatan sebelumnya, sehingga layanan pembelajaran yang berkualitas tidak harus selalu identik dengan mengeluarkan biaya yang besar. 

    3. Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan materi lain yang Anda dapatkan sebelumnya selama mengikuti proses Pelatihan Guru Penggerak.

      1. Materi 3.2. pemimpin dalam pengelolaan sumber daya berkaitan dengan materi 1.1. refleksi filosofi pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara, dimana di dalam materi 1.1. Disebutkan bahwa dasar Pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” lingkungan di mana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan “isi” dan “irama”. Artinya jika kita sebagai pemimpin dapat mengidentifikasi aset dan memanfaatkannya untuk kemajuan sekolah itu artinya kita dapat menjadi teladan anak dalam memanfaatkan potensi-potensi yang ada disekitar kita. Siswa akan belajar secara langsung kepada gurunya bagaimana kita dapat memaksimalkan apa yang ada di lingkungan untuk tujuan yang kita inginkan. Semakin pandai guru dalam mengelola aset maka ilmu yang diberikan kepada siswa pun akan semakin bermakna karena berangkat dari pengalaman pribadi guru sendiri.

    4. Ceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti pelatihan terkait modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.

      1. Sebelum pelatihan : saya belum mampu mengidentifikasi aset-aset yang dimiliki sekolah dengan baik.

      2. Setelah pelatihan : saya dapat merinci dan mengidentifikasi aset-aset yang dimiliki sekolah dengan lengkap dan detail.

      3. Dari hasil pelatihan ini saya juga berpikir bagaimana agar saya mampu mewujudkan sebuah pembelajaran yang lebih baik menggunakan aset-aset yang telah dimiliki sekolah saat ini.


  1. Rancangan tindakan


PRAKARSA PERUBAHAN 

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban

B-uat pertanyaan (Define)

  • Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

  • Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

  1. Hal penting apa yang akan saya lakukan untuk melakukan sebuah program demi mewujudkan perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas saya. ?

  2. Program apa yang dapat saya lakukan agar dapat mewujudkan  perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas saya. ?

  3. Program apa yang dapat saya lakukan agar dapat memanfaatkan aset yang dimiliki sekolah dengan efektif dan efisien ?

  4. Apa yang harus dilakukan agar kegiatan pembelajaran di kelas dapat berdampak kepada siswa ?

  5. Apa yang kurang dari kelas saya ?

  6. Apa yang menjadi sumber permasalahan dari kekurangan itu ?

  7. Hal apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut ?

  8. Bantuan apa yang Bapak perlukan untuk mengatasi kekurangan tersebut ?

  9. dampak seperti apa yang kamu inginkan terjadi di kelas setelah Pak Landip melakukan perubahan yang diinginkan

  1. Bertanya kepada teman-teman guru.

  2. Bertanya kepada siswa.

A-mbil pelajaran (Discover)

  • Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

  • Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

  1. Siapakah orang yang pernah berhasil mewujudkan  perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas  ?

  2. Bagaimana dia mengatur langkah-langkah penerapan program mewujudkan  perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas  ?

  3. Aktivitas apa saja yang dia lakukan untuk mewujudkan  perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas ?

  4. Situasi apa saja yang selama ini telah mendukung usaha mewujudkan  perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas  ?

  5. Keterampilan apa yang sudah saya kuasai untuk mendukung usaha mewujudkan perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas  ?

  1. Mencari profil orang atau tokoh terkenal yang sudah pernah berhasil.

  2.  Mencari tahu dan mencatat bagaimana dia mengatur kegiatan dalam program tersebut.

G-ali mimpi (Dream)

  • Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

  • Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).

  1. Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang saya bayangkan terjadi ketika program saya tercapai?

  2. Bagaimana perasaan saya ketika program saya tercapai ?

  3. Apa saja hal-hal baru yang bisa aku lakukan setelah program saya berhasil tercapai?

  4. Apa hal-hal/sumberdaya yang kita bayangkan akan tersedia untuk mempertahankan program saya terus berjalan ?

  1. Membuat gambaran/narasi diri saat mencapai tampilan presentasi siswa yang lebih baik (percaya diri, lantang, mampu menjelaskan konsep).

  2. Memajangnya di meja kerja dan mengingatnya selama saya melakukan usaha-usaha selanjutnya

J-abarkan rencana (Design)

  •  Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

  • Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

  1. Apa langkah paling sederhana/langkah pertama yang bisa dilakukan?

  2. Berapa lama target untuk mencapai keberhasilan program saya?

  3. Apa tindakan-tindakan yang bisa mendukung usaha mencapai keberhasilan program saya ?

  4. Bagaimana mengukur kemajuan dan melanjutkan langkah?

  5. Bagaimana cara untuk saling menyemangati usaha bersama mencapai keberhasilan program saya ?

  1. Membuat capaian yang realistis untuk setiap minggunya.

  2. Membuat catatan besar target yang akan dicapai per minggu dan memajangnya di kaca lemari.

  3. Memasang pengingat di gawai untuk jam olahraga dan untuk pengingat pola makan sehat.

  4. Meminta pasangan untuk mengingatkan pola makan dan olahraga

A-tur eksekusi (Deliver)

  • Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

  • Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

  1. Siapa yang bisa mengarahkan dan memantau program saya?

  2. Siapa saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? Berperan sebagai apa saja?

  3. Kapan program ini akan mulai dilakukan?

  4. Bagaimana pencatatan kemajuan untuk mencapai keberhasilan program ini?

  5. Siapa yang akan menampung curhatan tentang kesulitan-kesulitan melakukan usaha mencapai keberhasilan program ini ?

  1. Mengajak teman guru yang memiliki keinginan yang sama.

  2. Membuat foto/dokumentasi proses mencoba aksi.

  3. Menerapkan rencana program di kelas.

  4. Meminta saran/masukan dari siswa setelah pelaksanaan program di kelas.




Foto Aksi :






Rabu, 27 April 2022

3.1.a.9. Koneksi Antarmateri - Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Pendidikan adalah pekerjaan yang tidak bisa dilakukan sendirian saja, agar berhasil perlu diupayakan kerjasama banyak pihak. Namun bagaimana caranya dalam agar usaha kerjasama banyak pihak tersebut bisa berjalan efektif dan terarah dengan baik ?

Jawabannya, kerjasama dalam pendidikan membutuhkan seorang pemimpin. Pemimpin akan menentukan arah tujuan sebuah gerakan kerjasama, menggerakan para anggotanya untuk menuju ke tujuan tersebut dan menyamakan langkah agar perjalanan terasa mudah    

Untuk membantu kita menjadi pemimpin pembelajaran yang baik, berikut ini akan saya sajikan beberapa usaha untuk mengaitkan prinsip kepemimpinan dengan usaha untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik lewat gerakan "Merdeka Belajar" :


Bagaimana pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil?


  • Ing Ngarso Sung Tuladha : di depan memberi teladan artinya sebagai seorang pemimpin dalam mengambil keputusan haruslah bijaksana dan berpegang pada prinsip atau nilai yang benar agar siswa atau bawahannya dapat meniru tindakan yang diambil sehingga akan diturunkan dan menciptakan sebuah budaya yang baik pula bagi penerusnya.
  • Ing Madya Mangun Karsa : memiliki makna bahwa ketika guru atau pengajar berada di tengah-tengah orang lain maupun muridnya, guru harus bisa membangkitkan atau membangun niat, kemauan, dan semangat dalam diri orang lain di sekitarnya. Artinya pemimpin yang baik juga harus bisa memotivasi niat atau kemauan dalam diri bawahan/siswa agar kemampuan yang dimiliki oleh mereka dapat ditingkatkan, tidak hanya pemimpinnya saja yang semakin pintar tetapi bawahannya juga semakin pintar.
  • Tut wuri handayani memiliki arti "di belakang memberikan semangat atau dorongan". makna dari semboyan ketiga ini adalah ketika berada di belakang, pengajar atau guru harus mampu memberikan semangat atau dorongan kepada para muridnya. Seorang pemimpin juga harus mampu mendorong bawahannya untuk menjadi pemimpin bagi teman-temannya yang lain, tidak hanya pemimpin sendiri saja yang harus tampil di depan. Kepemimpinan ini membuat dalam sebuah kelompok akan bermunculan bibit-bibit pemimpin yang baru.


Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan?


  • Prinsip-prinsip yang tertanam dalam diri kita adalah prinsip yang selalu kita junjung tinggi dan konsisten kita terapkan saat menghadapi suatu permasalahan. Nilai-nilai tersebut secara otomatis dan konsisten selalu muncul guna mengatasi masalah yang dihadapi. Nilai ini dapat senantiasa ditambah dan dilatih agar kita menjadi pemimpin yang memiliki banyak dasar prinsip yang berguna dan menjadi pemimpin yang bijaksana.

Bagaimana kegiatan terbimbing yang kita lakukan pada materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan 'coaching' (bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan yang telah kita ambil. Apakah pengambilan keputusan tersebut telah efektif, masihkah ada pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita atas pengambilan keputusan tersebut. Hal-hal ini tentunya bisa dibantu oleh sesi 'coaching' yang telah dibahas pada modul 2 sebelumnya.


  • Keputusan yang baik berasal dari hasil pemikiran yang matang. Dibutuhkan kesadaran diri serta pengenalan emosi yang baik pada diri seseorang saat ia mengambil keputusan. Praktik coaching membantu kita berlatih menerima dan mengatasi pikiran, perasaan, atau sensasi yang menyakitkan atau mengganggu dalam diri kita. Dengan kontrol diri yang baik maka niscaya keputusan yang diambil lebih manusiawi dan berdampak baik bagi kehidupan sosial.

Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola dan menyadari aspek sosial emosionalnya akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan?


  • Keputusan yang baik selalu didasari dengan kondisi pikiran yang jernih Kesadaran penuh (mindfulness) yang muncul saat seseorang memiliki kesadaran sepenuhnya pada apa yang sedang dilakukan dengan pikiran terbuka, dan perhatian yang penuh. Kondisi seseorang yang memiliki sikap  positif dapat membuat keputusan yang baik dan mengatur perilakunya sendiri, dapat memenuhi apa yang dibutuhkan dirinya dengan menciptakan lingkungan yang baik, membuat hidup lebih bermakna, serta selalu berusaha mengembangkan dirinya.

Bagaimana pembahasan studi kasus yang fokus pada masalah moral atau etika kembali kepada nilai-nilai yang dianut seorang pendidik.


  • Ketika seseorang memiliki nilai-nilai yang dianut contohnya kejujuran, keadilan atau empati maka ia akan menggunakan nilai tersebut sebagai rujukan utama dalam membuat keputusan. Pertimbangan keputusan yang pertama muncul pasti berasal dari nilai-nilai yang dianut tersebut. Hal ini disebabkan karena nilai tersebut berasal dari pengalaman atau ajaran yang membuat hatinya tergugah dan ia tergerak untuk melakukan sesuatu.

Bagaimana pengambilan keputusan yang tepat, tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif, aman dan nyaman.


  • Dalam prinsip dilema etika, setiap keputusan tentu tidak dapat memuaskan semua pihak. Namun jika keputusan sudah dibuat dengan prinsip yang benar maka akan menghasilkan keputusan yang lebih manusiawi. Kesalahan yang diartikan beberapa pihak tentu dapat dimaklumi dengan baik. Kondisi ini berpengaruh pada situasi kelompok karena pihak-pihak yang terkait dalam keputusan tersebut akan merasa tidak perlu mempermasalahkannya karena ada hal yang lebih penting yang harus dibela.

Selanjutnya, apakah kesulitan-kesulitan di lingkungan Anda yang sulit dilaksanakan untuk menjalankan pengambilan keputusan terhadap kasus-kasus dilema etika ini?


  • Kesulitan di lingkungan yang sulit dilaksanakan untuk menjalankan pengambilan keputusan adalah jika ada permasalahan pelanggaran aturan oleh siswa namun yang bersangkutan masih mendapatkan pembelaan dari orangtua. Di sekolah swasta seperti tempat saya, mencari murid menjadi hal yang sangat penting, sehingga kepuasan orangtua atau siswa terhadap sekolah menjadi perhatian utama dari kami. Namun kepentingan tersebut adakalanya bertentangan dengan keinginan orangtua yang masih ingin melindungi anaknya yang melanggar peraturan sekolah. Dalam kasus ini sekolah menemui dilema antara tetap menegakkan peraturan atau mengikuti kemauan orangtua agar mereka tidak protes berlebihan kepada sekolah.
  • Apakah ini kembali ke masalah perubahan paradigma di lingkungan Anda? Menurut saya perubahan paradigma seperti menggunakan ketiga prinsip dilema etika atau ke sembilan pengujian keputusan sangat berguna di sekolah saya. Karena dalam setiap keputusan yang diambil di sekolah sering pertimbangannya menggunakan pendapat diri sendiri atau berdasarkan pengalaman dari permasalahan yang pernah dihadapi. Jika ada perubahan paradigma menggunakan prinsip atau uji keputusan yang ada dalam PGP pasti pertimbangan-pertimbangan terpenting tidak akan pernah terlewatkan dan setidaknya kejadian permasalahan yang solusinya kurang memuaskan bisa diminimalkan.

Dan pada akhirnya, apakah pengaruh pengambilan keputusan yang kita ambil ini dengan pengajaran yang memerdekakan murid-murid kita ?


  • Program merdeka belajar adalah sebuah program baru untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik. Banyak hal yang harus berubah, dan itu tidak mudah, lantas bagaimana caranya. 
  • Untuk mencapai tujuan tertentu dibutuhkan sebuah prinsip. Tanpa disiplin prinsip maka kita akan berjalan berbelok-belok tak tentu arah. Begitu juga jika kita ingin mewujudkan program merdeka belajar. Agar pengajaran yang dilaksanakan di sekolah memerdekakan murid, dibutuhkan perjuangan prinsip para pengajar yang menjaga agar pandangan dan langkah sekolah fokus pada tujuan tersebut. Keputusan yang dibuat pada setiap masalah juga harus bercermin kepada prinsip itu. Pembelaan kepada prinsip akan mempermudah upaya untuk menggerakan seluruh pihak sehingga tujuan lebih cepat diwujudkan. Intinya kepemimpinan yang baik dan berpegang pada prinsip dapat mengarahkan sekolah kepada tujuan terciptanya program merdeka belajar.

Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran dalam mengambil keputusan dapat mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-muridnya?


  • Salah satu prinsip pengambilan keputusan yang baik bercermin kepada nilai empati. Empati yang dimaksud adalah kecondongan sekolah kepada nasib dan masa depan siswa. Kita bisa merasakan bagaimana sedihnya siswa kita yang tidak berbakat melukis, jika kita paksa lulus dalam ujian melukis dengan standar kelulusan yang sama dengan siswa lain. 
  • Namun jika sekolah berani memberikan keleluasaan dalam membuat standar ketuntasan minimal maka siswa tersebut dapat lulus. Perasaan bangga karena berhasil lulus akan mempengaruhi siswa dalam aspek lainya. Ia bahkan dapat lebih fokus mengembangkan kemampuannya yang lebih diminati dan mampu mempersembahkan karya terbaiknya. Karya-karya terbaik inilah yang kita butuhkan untuk masa depan. Jika di waktu mendatang seluruh karya yang ada adalah persembahan terbaik, niscaya kehidupan manusia akan jauh lebih baik.

Apakah kesimpulan akhir yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan keterkaitannya dengan modul-modul sebelumnya?


  • Sebagai akhir tulisan, saya akan mengutip sebuah kata-kata bijak yang saya juga kurang tahu darimana sumbernya.
  • “Di bawah pemimpin yang baik, anak buah bodoh pun ada gunanya. Tapi di bawah pemimpin yang bodoh, pasukan terbaik pun kocar-kacir
  • Kata-kata tersebut menyiratkan sebuah makna, bahwa percuma rasanya jika anda memiliki guru-guru terbaik, murid yang pintar, fasilitas sekolah lengkap, program sekolah yang sempurna jika kepala sekolahnya tidak mampu memanfaatkan itu semua. Sebagai nahkoda, seorang kepala sekolah dapat dengan mudahnya menenggelamkan kapal besar sekolah ke laut yang dalam, jika ia mengambil keputusan yang salah bahkan hanya untuk menghadapi badai yang kecil saja. 
  • Dibutuhkan seorang pemimpin yang baik agar kapal besar sekolah sampai di tujuan dan bersandar dengan selamat. Pemimpin yang baik tentunya adalah pemimpin yang mampu membuat keputusan dengan berpegang pada prinsip yang benar, analisis reflektif kepada keputusan yang diambil dan bagaimana ia menguji pengambilan keputusan tersebut apakah sudah mampu menjawab permasalahan dengan baik dan tepat sasaran.

Senin, 25 April 2022

Demontrasi Kontekstual Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran -Agus Landip Nyuwito-

 

Generasi muda adalah harapan bangsa, di masa depan merekalah yang akan mengisi kegiatan ekonomi dan pembangunan negara. Karena itu generasi muda harus di siapkan dengan sangat baik agar mereka mampu mewujudkan negara yang adil dan sejahtera. Selain untuk mengisi pembangunan para generasi muda hendaknya juga disiagakan untuk menjadi calon-calon pemimpin yang handal. Pembangunan akan dapat berjalan dengan efektif jika kedepan negara memiliki pemimpin-pemimpin yang berkualitas.

Dalam tugasnya menyiapkan generasi muda, sekolah harus mampu menyediakan diri menjadi lingkungan yang siap membentuk siswa-siswinya menjadi generasi muda yang mampu mengisi pembangunan dan menjadi pemimpin yang baik. Selain sekolah, guru juga harus siap dijadikan teladan bagi siswanya agar mereka memiliki figur pemimpin yang baik. Bagaimana agar seorang guru mampu menjadi pemimpin yang baik, berikut adalah serangkaian rencana yang akan saya lakukan semoga bisa menambah wawasan bagi yang membacanya : 

  1. Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

    1. Saya akan mengajak beberapa teman saya untuk mendiskusikan hal-hal yang saya dapatkan dalam pelatihan program guru penggerak. Sebelumnya saya akan mengajak mereka terlibat memilih masalah yang tergolong dilema etika, kemudian mencari pemecahannya menggunakan prinsip-prinsip yang saya pelajari dalam modul Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran. 

  2. Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

    1. Saya akan mengajak beberapa teman saya mendiskusikan permasalahan-permasalahan di sekolah yang mengandung unsur dilema etika dan bisa dijadikan wahana dalam berlatih membuat keputusan. Sebelum melakukan diskusi tentunya saya akan sedikit memberikan pengetahuan sedikit tentang apa itu pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

    2. Setelah berkumpul kita akan memilih beberapa permasalahan sekolah yang tergolong ke dalam dilema etika. Dari masalah yang terkumpul kita akan membuat prioritas masalah mana yang akan kita pilih untuk dicarikan keputusan untuk dicari solusinya.

    3. Saya akan mengajak mereka untuk mendiskusikan langkah-langkah pengambilan keputusan dari permasalahan yang terpilih menggunakan prinsip :

      1. 4 Paradigma dilema etika.

      2. 3 prinsip pengambilan keputusan.

      3. 9 langkah pengambilan & pengujian keputusan.

  3. Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Saya akan mulai menjalankan rencana saya pada :

    1. Hari : Selasa, 26 April 2022 hingga kurang lebih satu minggu kedepan.

  4. Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

    1. Bapak Yoga : Guru Mapel Matematika

    2. Ibu Yesicha : Guru Mapel Bahasa Indonesia

    3. Ibu Diah : Guru Mapel IPS

    4. Bapak Aris : Guru Mapel IPA

    5. Ibu Mariana : Guru Bahasa Inggris

Senin, 10 Januari 2022

 Pembinaan Peningkatan Disiplin Siswa Dalam Mengerjakan Tugas PJJ Melalui Pendekatan Segitiga Restitusi di Masa Pandemi Covid-19

Penulis : Agus Landip Nyuwito 


Proses belajar mengajar akan semakin berkembang saat ini maupun dimasa yang akan datang. Pada kondisi saat ini pembelajaran yang dilakukan telah mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat besar hal ini terjadi karena wabah virus covid 19 yang mendadak sehingga menuntut guru dan siswa serta proses belajar mengajar bergerak cepat menyikapi kondisi yang ada. Proses belajar mengajar telah bermetamorfosa menjadi sebuah metoda baru dengan menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran jarak Jauh membuat perubahan yang cukup signifikan terutama perhatian dan pendampingan guru atau orangtua kepada siswa tidak bisa lagi dilakukan intensif sehingga muncul permasalahan maupun kendala baru yang terjadi misalnya siswa menjadi malas mengerjakan tugas, sering membolos pelajaran dan tidak mengikuti live meet saat jam pembelajaran sekolah.


Beberapa kasus yang terjadi selama proses PJJ ini diantaranya siswa hingga menjelang akhir semester masih banyak ditemui tugas yang belum tuntas dikerjakan sehingga perlu dilakukan konseling dengan cara dipanggil secara khusus untuk mengingatkan dan mendorong siswa menyelesaikan tugas-tugasnya sebelum raport dibagikan. 


Dengan adanya perubahan kendala yang ditemui selama proses PJJ ini maka diperlukan adanya pembinaan secara khusus dan rutin bagi siswa yang sering terkendala dan melalaikan tugas-tugas sekolahnya. Usaha pembinaan yang dilakukan hendaknya berprinsip pada konsep Merdeka Belajar, karena itu pendekatan Restitusi adalah model pembinaan yang cocok dilakukan. 


Pendekatan Restitusi ini dilaksanakan dengan tujuan :

  1. Mengidentifikasi kesadaran siswa akan tindakannya yang salah.

  2. Mengubah identitas siswa dari orang yang gagal menjadi orang yang sukses.

  3. Memahami kebutuhan dasar siswa yang ingin dipenuhi dengan melakukan tindakan yang salah tersebut.

  4. Menemukan cara paling efektif untuk memenuhi kebutuhan dasar  siswa yang ingin dipenuhi dengan melakukan tindakan yang salah tersebut.

  5. Menghubungkan tindakan siswa dengan nilai-nilai yang dipercaya.

  6. Membangun kesadaran siswa akan keyakinan yang diinginkan. 


Bagaimana pendekatan ini dilakukan oleh pendidik, yaitu dengan melakukan serangkaian tindakan restitusi dengan siswa yang memiliki masalah maupun kendala dengan melakukan tanya jawab dan berkomunikasi secara 4 mata siswa akan diajak berdiskusi dan mengikuti sesi tanya jawab dengan guru atau pendidik. Pendekatan ini dapat dilakukan secara online, salah satunya menggunakan google meet. 


Secara detail konsep segitiga restitusi telah dilaksanakan sebelumnya pada pertemuan online yang dilaksanakan Selasa, 4 Januari 2022 dengan salah satu siswa yang bernama Amelinda Amanty Bachtiar, yang merupakan seorang siswa kelas IX. Video wawancara segitiga restitusi yang telah dilakukan sebagai berikut : https://drive.google.com/file/d/1g1uBKmyFBFZwS9bpGq5Hx_ti50ZNiWoL/view?usp=sharing


Dalam pertemuan online Proses ini meliputi tiga tahap, yaitu Menstabilkan Identitas, Validasi Tindakan yang Salah, dan Menanyakan Keyakinan. Skenario penerapan Segitiga Restitusi adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan :

    1. Hal baik dan tidak baik apa saja yang sudah kamu lakukan di semester ganjil lalu?

    2. Bagaimana perasaan kamu setelah melakukan hal yang tidak baik ?

  2. Menstabilkan identitas :

    1. Baik Bapak kira apa yang kamu lakukan sebenarnya juga pernah dilakukan oleh orang lain, Bapak juga dulu pernah tidak bersungguh-sungguh dalam belajar, namun tentunya kalau kita berbuat salah harus diperbaiki ya !

  3. Validasi tindakan yang salah :

    1. Apa alasan kamu melakukan hal yang tidak baik tersebut ?

    2. Adakah cara lain yang lebih efektif untuk mendapatkan atau memenuhi apa yang kamu butuhkan ?

  4. Menanyakan keyakinan :

    1. Baik kalau sudah tahu bahwa itu salah, selanjutnya bapak ingin tahu, kelak kamu ingin menjadi orang yang seperti itu terus tidak? apakah kamu sudah punya bayangan nanti kamu ingin menjadi seperti apa ?

    2. Bagaimana komitmen kamu untuk mewujudkan keinginan kamu itu ?

    3. Rencana apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki cara belajarmu di semester genap nanti ? 



Gambar 1 :  siklus segitiga restitusi


Dari pelaksanaan tindakan wawancara kepada siswa menggunakan pendekatan segitiga restitusi, maka didapatkan hasil yaitu :

  1. Siswa dapat menyadari akan tindakannya yang salah, karena dari hasil tanya jawab tersebut diketahui bahwa siswa sebenarnya juga merasa apabila semakin banyak tugas yang ditinggalkan maka beban yang harus dikejar akan semakin berat. 

  2. Siswa merasa bahwa apa yang dilakukan sudah melampaui batas kewajarannya karena terlalu banyak tugas yang tidak dikerjakan. Guru dapat meyakinkan siswa bahwa setiap orang pernah melakukan kesalahan, namun yang lebih penting adalah bagaimana dia dapat berubah dan memperbaiki kesalahan tersebut.

  3. Kebutuhan dasar siswa yang ingin dipenuhi adalah kebebasan, karena dia ingin mengerjakan hal-hal lain yang dia sukai, seperti bermain game dan berinteraksi dengan teman melalui aplikasi chat.

  4. Siswa mampu menemukan cara paling efektif untuk memenuhi kebutuhan dasarnya, yakni dengan melakukan aktivitas bermain game maupun chatting dengan teman-temannya setelah jam pelajaran selesai serta tugas-tugasnya dikerjakan. 

  5. Siswa merasa apa yang telah dilakukan sebelumnya melanggar nilai disiplin, karena seharusnya tugas sekolah yang diberikan guru pada hari ini dapat diselesaikan hari itu juga


Dengan pendekatan restitusi siswa telah menemukan cara untuk dapat mewujudkan keyakinannya akan nilai disiplin dengan lebih baik yakni :

  1. Membuat komitmen dengan mematikan kuota data handphone dan menjauhkannya dari jangkauan saat jam pelajaran sekolah. 

  2. Mempelajari materi-materi pelajaran yang kurang dikuasai sesaat sebelum ulangan dengan bersungguh-sungguh.

  3. Menuliskan seluruh komitmen di atas di selembar kertas dan menempelkannya di meja belajar agar selalu dapat dilihat dan dilaksanakan


Dari beberapa hal dan kondisi yang terjadi diatas maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa penerapan Segitiga Restitusi sangat penting dilakukan, karena terbukti bahwa siswa mampu menemukan solusi atas masalah yang dialaminya. Menemukan solusi atas inisiatif mandiri siswa perlu senantiasa dilatih dan diterapkan kepada siswa agar mereka menjadi manusia merdeka karena memiliki kesadaran untuk merencanakan dan mengatur dirinya sendiri. Kecakapan merencanakan dan mengatur diri sangat dibutuhkan agar siswa kelak hidup lebih baik, karena memiliki kemampuan dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya.